Pemanfaatan Cabri Geometri II Plus Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Pada Pokok Bahasan Geometri

Pemanfaatan Cabri Geometri II Plus Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Pada Pokok Bahasan Geometri

oleh : Suprih Widodo, Asep Sopian

Pemanfaatan media pemelajaran yang baik dan tepat dapat memberikan pengalaman belajar yang baik seperti yang dingkapkan oleh Edgar Dale dalam kerucut penngalaman belajarnya. Menurut Edgar Dale (Moore), pengalaman belajar yang paling tinggi nilainya adalah dengan kontak langsung, sedangkan pengalaman belajar yang paling rendah adalah pengalaman belajar dengan ucapan. Artinya, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas jika ia mendapatkan ilmu melalui kejadian yang dialami secara langsung atau setidaknya dengan pengalaman belajar yang dirasakan lebih kongkrit dari pada metode konvensional yang hanya mengandalkan kata-kata saja. Secara lengkap kerucut pengalaman belajar disajikan pada gambar.

Permasalahan kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran geometri perlu diperbaiki melalui penelitian tindakan yang cermat melalui pemanfaatan cabri geometri II plus pada matakuliah Konsep Dasar Matematika I (GD 103) pokok bahasan geometri di Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Puwakarta.

Cabri geometri II plus adalah sebuah software yang bisa digunakan secara interaktif untuk pemelajaran geometri dan bisa digunakan oleh guru maupun mahasiswa (cabrilog). Beberapa hal yang dapat digunakan oleh cabri geometri II plus adalah mengkonstruksi gambar sama seperti apa yang bisa dilakukan oleh penggaris, pensil, jangka, dan lain-lain sehingga hasilnya bisa lebih akurat, dapat dimanipulasi dengan mudah hanya dengan mengklik tool yang ada aplikasi, selain itu gambar dapat selalu di update kapan saja. Sistem operasi yang dapat digunakan untuk menggunakan software ini adalah sistem operasi yang berbasis windows, diantaranya windows 98, 98SE, ME, 2000, dan XP. Cabri geometri II pus tersedia dalam beberapa versi bahasa diantaranya, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Belanda, Italia, Portugis, Jepang, Cina, Norwegia dan beberapa bahasa asing lainnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh cabri geometri II plus dibandingkan dengan software-software sejenis dan versi sebelumnya adalah:
1. Antar muka (interface) yang lebih mudah dipahami dan digunakan (user friendly) dan lebih sederhana. Cabri geometri II plus memiliki tampilan yang mirip dengan software office yang dikeluarkan Microsoft, dimana terdapat menu terdapat struktur antar muka seperti file, edit, options, window, help dan lain-lain. Pada toolbar disediakan alat untuk membuat dan memodifikasi diagram seperti titik, garis, lingkaran, kurva, titik tengah dan sebagainya. Selain itu pada cabri geometri II plus terdapat beberapa kumpulan pointers yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
2. Icon-icon yang lebih baik dan jelas sehinga mudah untuk digunakan dan jumlah warna bertambah menjadi 36 jenis warna dasar yang dapat dikombinasikan sehingga dapat menghasilkan warna campuran. Warna-warna dapat diaplikasikan pada semua objek, baik garis maupun permukaan dengan itensitas tertentu.
3. Perangkat tambahan disediakan untuk memberikan nama pada setiap objek dengan jenis dan ukuran font yang lengkap, selain itu angka dan equations dapat disisipkan diantara teks dan lembar kerja.
4. Mampu menambahkan gambar pada titik, segmen, segitiga dan segiempat. Jenis-jenis gambar yang bisa disisipkan berformat, BMP, JPG dan GIF.
5. Beberapa garis sketsa pembentuk gambar dihilangkan sehingga gambar yang dibuat lebih jelas.
6. Pemotongan bagian gambar lebih baik dari versi sebelumnya.
7. Gambar bisa diimpor dari dan ke file lain yang sejenis.

Contoh Tampilan Cabri Geometri II Plus :

Langkah-langkah pemelajaran dengan memanfaatkan Cabri Geometri
Aplikasi Cabri Geometri yang digunakan pada pemelajaran Konsep Dasar Matematika I ini adalah Cabri Geometri II Plus. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
1. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa pemelajaran Konsep dasar matematika (geometri) akan ditunjang dengan pemanfaatan Cabri Geometri II Plus.
2. Dosen melakukan persiapan perkuliahan dengan membagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok. Banyaknya kelompok disesuaikan dengan jumlah mahasiswa, sehingga tidak terlalu banyak atau sedikit. Setiap kelompok terdiri atas mahasiswa yang memiliki kemampuan beragam, sehingga terjadi interaksi ademis.
3. Menata kursi dan ruangan kelas, sehingga memukinkan terjadinya kerja sama, interaksi, dan tumbuhnya hubungan interpersonal di antara mahasiswa.
4. Dosen menyiapkan materi perkuliahan untuk 14 kali pertemuan
5. Dosen menyiapkan instrumen untuk prates dan pasca-test
6. Dosen membagikan angket survai untuk meminta tanggapan mahasiswa seputar kegiatan pemelajaran pada mata Konsep Dasar Matematika dengan memanfaatkan Cabri Geometri II Plus.

Jurnal lengkap disini : Pemanfaatan_Cabri_Geometri_II_Plus_Dalam_Pembelajaran_Mata_Kuliah_Konsep_Dasar_Matematika_Pada_Pokok_Bahasan_Geometri-2[1]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s